almost 2 years ago

Kadang-kadang ada beberapa bagian mobil yang tidak begitu kita kenali persis apa faedahnya, selain hanya untuk membuat cantik penampilan. Para pemilik mobil cenderung memilih aksesoris mobil untuk tampilan terbaik kendaraan mereka. Salah satunya yaitu spoiler. Apakah sesungguhnya manfaat aksesoris mobil yang satu ini?

Memang, banyak yang berpendapat bahwa spoiler menjadi salah satu aksesoris yang banyak digunakan dalam modifikasi interior mobil dan aksesoris untuk mempercantik tampilan mobil. Namun menurut laman Yahoo Autos, spoiler sebenarnya didesain untuk membuat style ke bawah atau downforce hingga mengurangi daya angkat (lift) yang muncul lantaran kecepatan tinggi.

Lebih jauh, spoiler juga bermanfaat untuk tingkatkan handling atau sistem pengendalian mobil. Handling bertambah lantaran spoiler tingkatkan dampak aerodinamis satu kendaraan.

Sebagian pabrikan juga meningkatkan kekuatan spoiler ini. BMW umpamanya, pada 2013 lantas mengenalkan Seri 3 Gran Turismo yang spoiler-nya dapat mengembang bila mobil kecepatannya melebihi 100 km/jam.

Lalu, bagaimana dengan spoiler aftermarket? Apakah manfaatnya setara dengan bawaan pabrik? Menurut sumber yang sama, jawabannya : mungkin saja. Sebab spoiler yang tidak terpasang dengan benar, bisa jadi tidak akan meningkatkan downforce.

Diluar itu, bila spoiler sangat berat, jadi mengkonsumsi bahan bakar dapat lebih boros. Dampaknya sama dengan pemakaian aksesoris yang bikin berat kendaraan.

Pada mobil balap, ada sisi lain yang manfaatnya serupa spoiler. Part ini diberi nama wing. Terdapat banyak ketidaksamaan pada wing serta spoiler, salah satunya yaitu peruntukkan mobilnya. Ukuran wing juga semakin besar di banding spoiler.

Meski demikian, sekarang ini telah banyak pula mobil-mobil umum yang memakai wing seperti mobil balap. Selain membikin penampilan mobil makin style, namun kenyataannya ini tidaklah pas, serta cuma memperberat kemampuan mesin saja.

← Mainan Anak Anak Umur 1 Thn Yang Murah Tips Memilih Mebel dari Kayu Jati →