over 1 year ago

Memasak di apartemen dengan dapur mungil dapat jadi tantangan sendiri untuk Ibu rumah-tangga. Lantaran tempat untuk mempersiapkan makanan lebih kecil dari rumah umumnya, jadi saat usai masak dapur bakal jadi seperti kapal pecah. Walau sebenarnya, bila Anda ikuti langkah ini, Anda akan tidak lagi malas memasak untuk keluarga terkasih lantaran mempersiapkan makanan serta bersihkan dapur sesudah memasak jadi lebih cepat.

Langkah Pertama, Buat 4 zona dapur serta organisasikan semuanya barang di zona-zona tersebut
Dapur besar belum tentu lebih baik. Terkecuali Anda mengadakan pesta sehari-hari, dapur kecil kian lebih cukup, serta kadang-kadang bahkan juga tambah baik. Anda dapat lebih cepat mengambil barang, kerjakan banyak hal sekalian, lebih gampang dibikin bersih, serta terlepas dari beberapa barang yg tidak dibutuhkan. Untuk dapur jadi 4 zona tersebut :
Zona 1 : zona persiapan – yaitu tempat di mana Anda menyiapkan semua sebelumnya memasak. Tentukan ruang yang memiliki ruangan meja luas supaya dapat menempatkan perlengkapan yang dibutuhkan saat menyiapkan bahan makanan. Beberapa barang ini antaranya yaitu : talenan, pisau tajam, handuk dapur, tempat sampah, mangkok kosong, garam serta lada, minyak, serta cuka.
Keuntungan mempunyai zona persiapan yaitu sesudah usai memasak, bersihkan dapur lebih gampang, menempatkan beberapa barang di tempatnya lebih gampang, serta saat memasak tak perlu terganggu dengan sampah-sampah yg tidak dibutuhkan. Diluar itu, mempunyai piring-piring diisi bahan yang dibutuhkan mempermudah Anda saat memasak ; tinggal dituang saja ke panci.
Zona 2 : zona memasak – yaitu ruang di mana Anda memasak
Sesudah memindahkan semuanya beberapa bahan dari zona persiapan, yakinkan semuanya beberapa bahan itu ada pada jangkauan tangan supaya lebih efektif saat memasak. Perlengkapan ini yaitu : spatula, sendok, minyak masak, garam, dan lain-lain. Termasuk pula peralatan modern untuk dapur unik seperti microwave, blender, kompor listrik dan lain sebagainya.
Zona 3 : zona bersihkan – yaitu ruang tempat mencuci
Untuk dapur kecil, besar kemungkinan bak membersihkan ada dekat ruang memasak, oleh karena itu untuk menghemat saat, sembari merampungkan masakkan, awalilah membersihkan perlengkapan yang tidak dibutuhkan.
Zona 4 : zona menaruh – yaitu ruang tempat menaruh anyg tidak dibutuhkan. Yakni ruang untuk memindahkan beberapa makanan bekas ke tupperware. Tempatkan juga di sini plastik anjuran wrap, aluminium foil, dan lain-lain yang dibutuhkan untuk membungkus makanan. Pastikan menaruhnya di tempat yang aman, agar tidak mudah dijangkau anak-anak. (Baca juga : Perkenalkan Anak Pada Peralatan Dapur Demi Keselamatan)

Langkah Kedua, Lakukan rencana ‘mise en place‘
‘Mise en place’ adalah istilah dalam bahasa Perancis yang berarti “semua di tempatnya”, yakni rencana paling utama waktu memasak. Contoh mudahnya yaitu dengan membaca resep hingga usai, bikin daftar persiapan yang dibutuhkan seperti marinate daging, memotong sayuran, dan lain sebagainya. Hal semacam ini untuk hindari stress saat memasak serta melindungi ruang masak tetaplah rapi serta teratur.
Sesudah semuanya sayur serta bahan makanan usai dipotong, pindahkan beberapa bahan itu ke beberapa mangkok kecil seperti di acara memasak untuk bikin tempat kosong di talenan. Hal semacam ini supaya saat memasak, semua telah siap serta teratur.

Langkah Ketiga, Bersih-bersih saat memasak
Untuk menghemat saat bersihkan piring saat usai memasak, gunakan cara berikut :
– sesudah usai siap-siap, pindahkan alat-alat masak itu ke bak bersihkan sebelumnya mulai masak
– sembari menanti minyak panas, atau daging masak, pakai saat untuk membersihkan alat-alat masak tersebut
– tumpuk beberapa mangkok bahan makanan yang telah kosong serta pindahkan segera ke bak bersihkan piring.
– bila Anda tak sendirian dirumah, minta tolong orang lain untuk membersihkan alat-alat masak itu sambil Anda masak.

← Tips Memilih Mebel dari Kayu Jati Mencari mainan anak yang murah serta bagus →