9 months ago

Karya seni bukan sebatas hiasan atau pajangan semata karena ada banyak manfaat karya seni untuk kehidupan manusia. Tidak sekedar menimbulkan efek senang bagi penikmat karya ataupun berguna meningkatkan kreativitas seniman saja. Ternyata manfaat seni juga sangat berdampak baik bagi manusia lho, berikut ulasannya.

Karya Seni Tingkatkan Hormon Endorfin

Tidak ada manusia yang tidak membutuhkan perasaan bahagia. Seseorang yang melibatkan diri dalam dunia seni karena hobi bisa membuatnya bahagia. Hal ini dapat terjadi karena produksi endorfin meningkat. Dengan adanya rasa bahagia, maka kita akan terhindar dari serangan stres. Dengan kondisi stress tentunya kita tidak akan dapat melakukan pekerjaan dengan benar bukan? Jadi tidak ada salahnya kita meluangkan waktu untuk menyalurkan hobi dalam dunia seni.

Baca juga: Perkembangan Kinetic Art https://edwinsgallery.com/kinetik_perkembangan.php

Seni Membuatmu Semakin Imaginatif Tapi Produktif

Seseorang yang tidak jarang menghabiskan waktu hanya untuk membayangkan dan berandai – andai. Dunia seni membuat kita bisa menyalurkan imajinasi menjadi sebuah karya. Kreativitas akan makin terasah jika kita sering menciptakan karya. Seni tidak hanya bisa di nikmati oleh orang – orang yang dominan otak kanan saja, karena dasarnya orang – orang yang dominan pada otak kiri pun juga mempunyai keinginan untuk berkarya. Tips seni untuk orang yang dominan otak kanan yakni temukan jenis karya seni yang paling disukai. Ada begitu banyak perkembangan seni dari zaman ke zaman, pilihlah salah satunya.

Seni Sebagai Perantara Komunikasi dalam Sunyi

Karya seni bisa menjadi perantara komunikasi meskipun meraka tidak dapat bicara. Dalam wujud sebuah karya tentunya ada ribuan pesan ingin disampaikan oleh penciptanya. Bahkan tidak jarang pemerintah menuai kritik bukan dari lisan rakyatnya langsung, tapi melalui karya seni berupa gambar atau lukisan. Saat ini,Perkembangan karya seni tidak lagi sekedar gambar atau lukisan, tapi memadukan antara keindahan rupa dan gerak. Perpaduan tersebut lebih dikenal dengan istilah kinetic art. Perkembangan kineric art di Indonesia sendiri belum cukup populer karena tergolong seni kontemporer baru. Tapi karena keunikan dan keindahannya, seni kinetic art ini tergolong dalam karya bernilai tinggi.

Seni Membuatmu Menghargai Hal Paling Kecil Sekalipun

Orang – orang yang mencintai dunia seni lebih bisa menghargai karya atau ciptaan seburuk apapun. Dalam dunia seni, cara pandang seseorang dalam menilai sebuah karya di lihat dari seberapa tinggi nilai estetika didalamnya. Tentu berbeda antara seniman dan orang awam kita melihat sebuah karya. Seniman tidak akan melihat sepintas dari kondisi fisiknya saja tanpa mengetahui proses menciptakannya. Dengan mengenal dunia seni, cara pandang kita juga akan terbuka, bahwa sekecil apapun hal, pasti tetap butuh usaha untuk menciptakannya. Tentu akan menyakitkan apabila orang lain tidak menghargai karya yang sepenuh hati kita ciptakan, bukan? Begitupun yang seniman rasakan. Selamat berkarya dan belajar mengapresiasi.

← Mobil Keluarga Paling Irit Macam-Macam Mobil Daihatsu →