over 1 year ago

Asal mula motif kain batik
Indonesia adalah negara yang kaya akan berbagai hal. Negara ini mempunyai sumber daya alam yang melimpah. Mempunyai banyak sekali kebudayaan yang bahkan tidak dimiliki negara lain. Indonesia juga mempunyai banyak sekali kain yang menjadi motif bagi banyak pakaian.


Bahkan karena begitu banyaknya motif kain di Indonesia, ada beberapa yang ingin coba di klaim oleh bangsa lain. Salah satu diantaranya adalah kain Batik. Batik memang sempat di klaim oleh Malaysia sebagai warisan negara mereka. Namun hal ini untungnya bisa dibantah saat UNESCO menobatkan kain batik sebagai warisan budaya bangsa Indonesia.
Sebenarnya, apa yang membuat kain batik begitu mempesona dan eksotik, sehingga negara lain sangat menyukai motif kain ini? Jika dirunut dari sejarah, kain batik sebenarnya sudah ada mulai sejak abad ke XVII di mana saat itu nenek moyang kita sudah mengetahui cara melukis pada permukaan daun lontar. Disamping itu dengan cara etimologis batik datang dari bhs Jawa, yaitu amba bermakna menulis serta kata titik. Motif batik selalu alami perubahan mulai sejak mula asal batik terdaftar dalam histori. Penciptaan batik awal mula memakai semuanya bahan alami di mana kainnya ditenun dengan tangan serta bahan pewarna yang pakai juga datang dari tumbuhan seperti soga, nila, serta pohon mengkudu. Begitu halnya soda yang terbuat dari soda abu serta garamnya datang dari lumpur. Saat itu kain batik begitu terbatas lantaran cuma dipakai oleh keluarga bangsawan pada jaman kerajaan.
Seiring perkembangan jaman, motif kain batik mulai beraneka ragam. Penggunanyapun kini tak hanya berasal dari kalangan darah biru saja, atau orang tua saja. Namun kini batik seolah sudah menjadi identitas bagi bangsa Indonesia. Tak hanya orang tua, anak muda kini sudah mulai menyukai motif batik ini. Bahkan kini batik mulai di padu padankan dengan berbagai pakaian.
Selain itu, penjualan kain batik kini sudah merambah dunia online. Kain batik online sudah mulai memasyarakat. Banyak orang yang kini membeli kain batik melalui internet. Sehingga pemasaran kain batik tak hanya di Indonesia saja. Namun kini sudah mulai merambah dunia internasional. Dengan makin mendunianya kain batik, akan membuat Indonesia makin di kenal oleh dunia. Sehingga membuat banyak wisatawan akan semakin banyak berkunjung ke Indonesia. Bangga memakai kain batik.

← Beberapa Makanan Untuk Meningkatkan Kesuburan Wanita Tips Menghadapi Teman Pemarah →