about 2 years ago

Mari Mengenang Kembali Mainan Tradisional Tahun 90an
Bagi kita yang sudah berumur 30an tahun atau yang lahir pada tahun 1980an, bisa dikatakan kita adalahgenerasi yang masih mengenal adanya mainan tradisional. Permainan yang syarat akan makna kebersamaan.Permainan yang selalu mengandalkan kemampuan fisik yang dikombinasi dengan pemikiran yang matang untuk memenangkan permainan tersebut.


Beda halnya dengan permainan jaman sekarang yang sangat kurang akan interaksi dengan sesama. Selain itu, permainan sekarang lebih cenderung hanya mengandalkan kemampuan otak tanpa melibatkan fisik anak tersebut.
Mungkin sebagian dari kita masih merasa rindu dengan berbagai permainan tersebut. Permainan yang akan mengembalikan ingatan kita jauh melayang ke jaman kita masih kecil dulu. Karena masa kecil adalah masa paling menyenangkan dan masa yang paling bahagia. Disaat itulah kita belum mengalami yang namanya permasalahan dalam hidup. Sungguh sangat menyenangkan.
Berikut ini adalah beberapa permainan masa kecil yang mungkin sangat berbekas di ingatan anda sekalian :

  • Petak umpet Permainan ini bisa dikatakan permainan tradisional yang sangat populer dikalangan anak – anak indonesia. Hampir semua daerah di Indonesia mengenal permainan yang satu ini. Karena permainan ini sangat mudah, anda tinggal bersembunyi agar teman lain tidak mengetahui dimana anda bersembunyi. Biasanya anak yang paling akhir ditemukan adalah pemenangnya.
  • Dakon Bagi anda yang mempunyai keluarga dari Jawa, anda mungkin tidak asing dengan permainan yang satu ini. Dakon adalah permainan yang melatih anak untuk berhitung sehingga mereka bisa menentukan jumlah kerikil pada dakon tersebut.
  • Gobag sodor Sala satu permainan legenda dari jawa. Permainan yang melatih kekompakan setiap anak. Inti dari permainan ini adalah meloloskan anggota sebanyak mungkin dari penjagaan kotak – kotak yang sudah dijaga oleh lawan mereka. Semakin banyak anggota yang bisa lolos, maka semakin banyak nilai yang tim anda dapatkan.
  • Lompat tali Permainan yang membuat anda selalu melompat untuk mendapatkan angka yang tinggi. Permainan ini menuntut anda untuk selalu bergerak. Sehingga secara tidak langsung membuat anda berolahraga namun dengan cara yang menyenangkan. Selain permainan diatas, mainan anak 1 tahun tradisional yang bisa anda mulai ajarkan sejak dini semisal permainan “cublak cublak suweng” atau “jamuran”. Permainan ini membuat anak anda belajar bahasa jawa dan juga belajar bernyanyi lagu jawa. Sehingga secara tidak langsung anda sudah ikut membantu melestarikan budaya tradisional.
← Ajarkan Pola Makan Sehat Pada Anak Sejak Dini Cara Menghitung Berat Badan Ideal →