almost 2 years ago

Berat badan adalah hal yang sensitif bagi seorang cewek. Jika kamu tidak percaya, coba saja kamu bilang ke seorang cewek bahwa dia agak gemukan. Pasti cewek tersebut akan berubah raut wajahnya dan melihat balik ke arahmu dengan wajah yang marah. Padahal kan niatnya bilang agak gemukan agar dia senang karena terlihat lebih berisi dan sehat. Namun, itu tetap disalahsartikan dianggap mengejek dan menjustifiksi bahwa dia gemuk. Cewek amat tidak suka dibilang gemuk.

Untuk itulah sering kali kamu melihat banyak cewek yang rela menahan makan agar tubuhnya kurus. Padahal kamu tahu sendiri kan parameter kurus menurut cewek itu sangat-sangat menakutkan. Bahwa ada yang beranggapan bahwa langsing yang benar menurut mereka sampai tulang rusuknya terlihat. Bayangkan, itu bukan langsing tapi kekeringan.

Padahal, perlu diketahui bahwa untuk menentukan apakah berat badanmu langsing atau tidak adalah dengan menghitung berat badanmu dibandingkan dengan tinggi tubuhmu. Ada beberapa standar cara menghitung berat badan ideal yang tepat saat ini. Kamu bisa menggunakan beberapa metode untuk menentukan berat badan. Ada metode BMI dan metode Brocha. Metode BMI cukup susah untuk diterapkan. Metode yang paling mudah dihitung adalah menggunakan metode Brocha.

Untuk laki-laki menggunakan metode Brocha, berat badan ideal diambil dari 90% hasil (tinggi badan - 100). Sedangkan untuk perempuan, berat badan ideal diambil dari 85% hasil (tinggi badan – 100). Misalkan kamu seorang laki-laki dengan tinggi badan 170 cm, maka berat badan idealmu adalah 90% x (170 – 100) = 63 kg. Sedangkan jika kamu seorang perempuan dengan tinggi badan 150 cm, maka berat badan idealmu adalah 85% x (150 – 100) = 42,5 kg.

Tapi memang tidak bisa dipungkiri, bahwa kebanyakan cewek memiliki tinggi badan sekitar 150 hingga 160 cm sedangkan sangat sedikit cewek yang berat badannya di bawah 50 kg. Hal ini karena kebanyakan cewek aktivitasnya tidak sebanyak aktivitas yang dilakukan oleh cowok. Selain itu, kebanyakan cewek lebih suka makan dibanding cowok. Apalagi jika sudah berumur 17 tahun ke atas, cowok akan cenderung tetap melakukan aktivitas berat, sedangkan cewek lebih sering melakukan aktivitas ringan seperti dandan, shopping, dan banyak makan. Inilah yang membuat cewek menjadi lebih rentan menjadi gendut dibandingkan dengan cowok.

Jika kamu seorang cewek, sebenarnya ada tips mudah untuk menurunkan berat badanmu hingga mencapai berat badan ideal. Bagaimana caranya? Geleng-geleng saja, itu sudah bisa menurunkan berat badan. Kug bisa? Iya, bisa. Ketika kamu ditawari makanan berat, kamu geleng-geleng. Ditawarin cemilan, geleng-geleng. Kan lama-lama jadi kurus. Haha.

← Mari Mengenang Kembali Mainan Tradisional Tahun 90an Anak Suka Cemas? Mungkin Ini Sebabnya →